Ternyata Menggendong Memiliki Manfaat Besar bagi Anak dan Orang tua


Jangan Mengeluh, Ini Manfaat Menggendong si Kecil!

sumber gambar: google


Menggendong adalah suatu aktivitas yang sangat familiar di Indonesia, terlebih di kalangan orang tua. Namun banyak orang tua yang menganggap bahwa sering menggendong adalah hal yang membuat anak menjadi manja, dan juga hal yang sangat melelahkan; tak jarang orang tua mengeluh saat menggendong anak karena beban yang berat pada saat menggendong.

Pada kenyataannya menggendong anak memiliki manfaat yang besar, bersumber dari tirto.id menggendong memiliki lima manfaat besar bagi orang tua maupun anak itu sendiri, di antaranya:
1.Menciptakan efek analgesic
Apa sih efek analgesik itu? Efek analgesik adalah efek yang tercipta dari obat-obat yang dapat mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran. Jadi jika anak merasa nyeri atau sakit saat terluka atau setelah mendapat suntik imunisasi,  jika digendong anak akan lupa dengan rasa nyeri tersebut dan akan merasa nyaman;
2.Mendukung perkembangan sosio emosional bayi
Anak akan lebih tenang dan jarang menangis saat digendong;
3. Melatih perkembangan otot inti bayi
Saat digendong,  secara tidak langsung otot inti bayi akan dilatih untuk berkembang;
4. Melatih kemampuan berbahasa
Posisi menggendong adalah posisi yang sangat dekat antara orang tua dan anak,  secara tak sadar orang tua akan lebih sering mengajak anak untuk berbicara
5. Mempererat ikatan emosional dengan orang tua
Saat menggendong, anak berada pada dekapan orang tua sehingga akan membentuk ikatan emosional antara keduanya/ bonding.

Setelah mengetahui bahwa menggendong memiliki manfaat yang besar, rasanya tepat waktunya untuk meredam bahkan membuang keluh kesah saat menggendong si kecil.
Jadi tunggu apa lagi?
Jangan sampai kehilangan waktu berharga untuk menggendong si kecil selagi masih bisa, karena momen menggendong tak akan bisa terulang saat si kecil sudah bertumbuh semakin dewasa.
Manfaatkan waktu Ayah dan Bunda dengan menggendong si kecil!

*sumber: tirto.id

Comments

Popular Posts