Calon Ibu, Simak Tips Memilih Gendongan yang Tepat untuk si Kecil


Bingung Memberikan Gendongan untuk si Kecil? Begini Tips Memilih Gendongan yang Tepat

Saat memasuki kehamilan, para calon ibu sudah sibuk menyiapkan berbagai perlengkapan untuk kelahiran si kecil; mulai dari popok, pakaian, sampai dengan gendongan. Semua dipersiapkan dengan baik untuk menyambut kehadiran si kecil, namun terkadang masih ada Ibu khususnya calon Ibu/ newbie yang kebingungan mencari gendongan untuk si kecil, terlebih saat ini sudah banyak sekali model gendongan yang muncul di pasaran, dari mulai ukuran maupun bentuk dari gendongan itu sendiri.
Nah untuk anda para Ibu baru yang masih kebingungan mencari gendongan untuk si kecil, jangan khawatir; karena tulisan ini adalah tulisan yang berisi tips untuk memilih gendongan dengan baik dan benar. Berikut beberapa tips yang perlu diketahui:

1. Pilihlah tipe gendongan yang sesuai dengan usia bayi
Sebelum memberikan gendongan untuk si kecil, Ibu harus memahami tipe gendongan yang sesuai dengan usia bayi, seperti:
a. Ring sling: digunakan untuk bayi dengan usia newborn-3 tahun dengan posisi menggendong M-Shape atau Craddle Position.
b. Soft Structure Carrier: bisa digunakan untuk usia newborn-toddler (0-4 tahun) dengan posisi menggendong M-Shape front carry (menggendong depan menghadap penggendong), hip carry (gendong samping) dan back carry (menggendong di belakang). Namun sebaiknya untuk usia newborn-4 bulan menggendong dengan posisi front carry,
cOnbuhimo: bisan digunakan si kecil pada usia 6 bulan- 3 tahun, di mana bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan, dan digunakan untuk menggendong dengan posisi M-Shape Back Carry (menggendong di belakang).
d. Flydai dan Mehtai: Kedua gendongan ini memiliki fitur yang hampir sama; pengunci gendongan dengan menggunakan tali serut. Namun perbedaannya adalah penggunaan sesuai dengan usia si kecil, di mana flydai digunakan untuk anak usia newborn -4 tahun, sedangkan Mehtai digunakan untuk usia 4 bulan- 2 tahun.
Namun untuk anda yang merupakan newbie sebaiknya tidak menggunakan gendongan ini, karena cara menggunakan keduanya agak rumit karena harus melakukan tali temali.
e. Geos: gendongan ini digunakan untuk usia newborn sampai anak sudah tidak muat berada dalam gendongan. Geos ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan karena bisa langsung digunakan setelah memasukkan ke badan penggendong.
f. Babywrap: gendongan ini digunakan untuk usia newborn- 8 bulan dengan posisi menggendong M-Shape. Gendongan ini digunakan dengan pengikatan tali pada bagian tubuh penggendong.

2. Perhatikan keamanan gendongan
Sebagai orang tua rasanya pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, salah satunya memberikan gendongan untuk digunakan. Dalam memilih gendongan, jangan lupa untuk memperhatikan keamanan gendongan, seperti memperhatikan detail dari fitur-fitur gendongan beserta fungsinya, seperti: jahitan pada gendongan, ring pada gendongan ring sling, buckle, chest strap dan sebagainya.
Jika Ibu belum memahami tentang detail fitur dari masing-masing gendongan, Ibu bisa mencari informasi tersebut di berbagai situs web babywearing. Jadi Ibu tidak akan lagi kebingungan untuk memberikan keamanan dalam menggendong si kecil setelah mempelajari info-info yang terdapat dalam info babywearing.

3. Pilihlah gendongan yang berkualitas
Untuk memberikan gendongan terbaik untuk si kecil, pilihlah gendongan berkualitas yang memiliki standard keamanan di Indonesia maupun standard keamanan Internasional. Saat ini sudah banyak gendongan yang telah memiliki sertifikat keamanan gendongan yang sudah lulus uji dari para babywearing consultant.

Jadi jangan sampai hanya tergiur dengan harga yang hanya murah tanpa memperhatikan kualitas; karena buat anak kok coba-coba?


Comments

Popular Posts