Mengenal Kaidah Menggendong TICKS


Sebelum Menggendong si Kecil, Bunda Harus Paham Kaidah Menggendong

sumber gambar: google

Menggendong si kecil adalah hal yang sering dilakukan oleh para orang tua; ayah, ibu, kakek, nenek, kakak, dan lain sebagainya. Namun sudah tahukah bunda bahwa menggendong memiliki kaidah tersendiri yang sudah dibenarkan menurut para ahli pergendongan/ baby wearing consultant?
Sebelum mulai menggendong si kecil, Bunda harus paham bagaimana kaidah menggendong yang sudah ditetapkan oleh baby wearing consultant; baik itu para consultant luar dan dalam negeri. Ada lima kaidah menggendong yang sudah ditetapkan, yang biasa disebut dengan TICKS. Apa itu TICKS?
1. Tight (ketat)
Kain gendongan dipasang dengan erat,  sehingga bayi merasa seperti sedang dipeluk,
2. In View all Times
Pastikan bayi selalu terlihat tidak tenggelam dalam gendongan,
3. Close Enough to Kiss
Pastikan bayi sejauh jarak kecupan anda saat digendong,
4. Keep Chin Off The Chest
Pastikan dagu bayi tidak menempel ke dadanya agar saluran nafas tidak terganggu
5. Supported Back
Gunakan gendongan yang dapat menyangga punggung bayi leher dengan sempurna.

Selain itu posisi menggendong yang benar adalah posisi M-Shape, di mana kaki si kecil membentuk huruf M dengan posisi lutut berada lebih tinggi dari bokong si kecil. Posisi ini juga merupakan posisi natural/ alami seperti saat si kecil berada dalam kandungan.
Kaidah menggendong TICKS berlaku untuk menggendong depan, bagaimana jika si kecil digendong di belakang? Saat menggendong belakang, si kecil harus tetap menghadap ke penggendong dengan posisi M-Shape/ Frog Position.

Nah sekarang Bunda sudah paham tentang kaidah menggendong bukan? Jangan lupa untuk diterapkan saat menggendong si kecil.

*sumber: berbagai laman babywearing consultant.

Comments

Popular Posts