Gak Percaya ke Jogja Ongkosnya Murah?

Perjalanan dengan Ongkos Ekonomis (Bandung-Jogja)

Akhir pekan telah tiba!!! Saatnya kalian memutuskan untuk berlibur sejenak nih, tapi ke mana ya enaknya? Biasanya untuk liburan akhir pekan yang singkat, orang-orang memilih untuk mencari liburan yang ongkosnya murah alias ekonomis, bener gak tuh?
Nah, ngomong-ngomong ekonomis, aku baru aja melakukan perjalanan ekonomis nih guys! Ke manaaaaaa? Jogjaaaaa!

Aku sebut perjalananku “perjalanan ekonomis Bandung-Jogja”, kenapa? karena dengan tiket Rp.68.000,- aku udah bisa bepergian jauh ke Jogja naik kereta api gaes. Sebenarnya harga tiket kereta api yang kudapat adalah Rp.60.000,- ; KA Kutojaya Selatan dengan rute pemberangkatan stasiun Kiaracondong, Bandung dan pemberhentian akhir Kutoarjo.
Jadwal pemberangkatan KA Kutojaya Selatan ini pukul 21.00 wib, dan dengan kedatangan pukul 05.00 wib; yup bener banget, waktu tempuh perjalanan sekitar kurang lebih delapan jam.

Kenapa sih aku gak langsung naik KA tujuan akhir Jogja aja? Aku sengaja gak naik kereta tujuan langsung Jogja, karena biasanya kereta ekonomi yang dibeli secara dadakan itu pasti penuh-penuh (gak ada banyak space bangku kosong), selain itu dari segi harga juga lumayan mahal. Makanya aku memilih untuk beli tiket KA tujuan Kutoarjo; harga murah, masih dapat banyak space bangku kosong (lumayan kan bisa tiduran atau minimal selonjoran di bangku tiga selama menempuh jarak Bandung-Jogja jika kalian beruntung). Kalian juga bisa nih pake caraku sebagai alternatif pilihan.

Untuk sampai ke Jogja, dari stasiun Kutoarjo kalian bisa naik kereta Prameks (Prambanan Ekspres), tiket dibeli di luar peron dengan harga hanya Rp.8.000 dan waktu tempuh sekitar satu jam. Jadi aku hanya mengeluarkan ongkos dengan total Rp. 68.000,- jika ditambah dengan tiket pulang sekaligus, total yang aku keluarkan sebanyak Rp. 136.000,- mungkin ada biaya tambahan lain seperti ongkos ojek online untuk bisa sampai ke tujuan jika kalian bepergian sendirian tapi menurutku itu adalah hal yang wajar.

Gimana? Perjalanan Bandung-Jogja dengan ongkos Rp.68.000,- murah bukan?

Comments

Popular Posts