Ini Daftar Soundtrack Lagu dalam "Jude 1996"!

Simak Soundtrack Lagu dalam "Jude 1996"

Film "Jude 1996", dok: google

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama, (laman Wikipedia). Unsur musik sangat penting dan diperlukan terlebih dalam sebuah film, karena tanpa musik film akan tampak monoton dan terkesan tidak bernyawa. Dalam film musik memiliki manfaat sebagai:
1) Pengubah, yaitu musik dapat mempengaruhi dan mengubah perasaan penonton dalam setiap adegan yang digambarkan.
Sebuah film, pada tiap adegannya selalu menggunakan sound effect, sound background, maupun soundtrack yang bertujuan untuk mempengaruhi perasaan penonton maupun pemain.
2) Komunikasi, yaitu sebagai sarana komunikasi atau sebagai sebuah kode antar para pemain dalam sebuah adegan atau komunikasi bagi para pemain kepada para penonton.

     Terdapat unsur lagu dalam musik yang mana lagu tersebut memiliki manfaat yang sama dengan musik. Menurut laman Wikipedia lagu adalah gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasa diiringi oleh alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang memiliki kesatuan dan kesinambungan dengan ragam nada atau suara yang berirama.

Soundtrack dalam "Jude 1996"
Soundtrack biasanya dikenal dengan lagu-lagu yang diputar dan berkaitan dengan latar cerita sebuah film, seperti soundtrack yang terdapat dalam film "Jude 1996". "Jude 1996" adalah film abad 18 yang mengangkat masalah tentang kehidupan. Ada beberapa soundtrack yang terdapat dalam film ini, antara lain:
1. Crows, Distants Spires, Arabella, Winter; diputar saat adegan film berlatar di Marygreen.
2. First Sight of Sue, Mr. Wikes, Bar, River Bank, Aspiration, Have Understanding as Well as You, Return to Marygren, The Parade, The Dreamer of Dream, For The Last Time; diputar saat adegan berlatar di Chrisminster.
3. The Chatedral, Across The Deepest River in England, Rejection, Arrabella Again; diputar saat adegan berlatar di Melchester.
4. Love Discovered: berlatar di Shaston.
5. Beautiful Days, Close Your Eyes, From Overseas, Out of Wedlock, Quarry; diputar saat adegan berlatar di Aldbrickham dan Elsewhere.

Sinopsis Adegan Cerita berdasarkan Soundtrack
Lagu yang berlatar atau bertempat di Marygreen menceritakan tentang adegan Jude yang memperistri Arabella yang mana merupakan anak dari peternak babi. Lagu yang berlatar di Chrisminster bercerita saat Jude pergi meninggalkan istrinya untuk melanjutkan pendidikannya.
Kemudian lagu-lagu  yang berlatar di Melchester menceritakan mengenai Jude yang akhirnya menemui Sue (sepupunya sendiri yang merupakan seorang pengajar).
     Saat di Melchester  Jude magang menjadi guru, karena ia adalah orang yang cerdas dan memiliki sikap skeptis, kemudian oleh seorang dekan universitasnya, Jude ditolak menjadi mahasiswa dan disarankan untuk bekerja saja.
Setelah Jude sering bersama dengan Sue di Melchester, Jude menyukai Sue. Namun Jude cemburu terhadap gurunya, Tn. Pittolson yang juga menyukai Sue dan melamar Sue sebagai istrinya. Namun,  ternyata Sue juga menyukai Jude, hingga akhirnya Tn. Pattilson mengetahui hal tersebut: Sue dikeluarkan dari asrama oleh Tn. Pattilson.
    Selanjutnya pada lagu yang berlatar di Aldbrickham dan Elsewhere menceritakan mengenai kehidupan Jude setelah berhubungan tanpa adanya hubungan pernikahan yang sah,  dan memiliki anak.  Ia tidak bisa menikahi Sue dengan sah dikarenakan masih memiliki hubungan pernikahan dengan Arrabella.

Soundtrack lagu yang diputar di film ini, semuanya dinyanyikan oleh Adrian Johnston. Semua lagu tersebut menggambarkan peristiwa-peristiwa dan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan Jude dan orang-orang di sekitarnya di masa itu. 

Comments

Popular Posts