Kesal Tampilan disebut Mirip Seblak, Begini Cara Membuat Gongso Ayam!

Disebut Mirip Seblak, Makanan Ini Memiliki Rasa seperti Gongso

Siapa sih yang gak seneng dimasakin makanan kesukaan sama seseorang? Ya pastinya seneng bangeeeet dooooong, apalagi masakan buatan mamah tercinta guys.
Aku seneng banget kalau mamah udah masakin gongso ayam kesukaanku. Kalau kalian gimana guys?

Masak Gongso Ayam, dokpri

  Pertama kali aku suka gongso ayam ini waktu aku ngekos di Semarang; banyak warung burjo yang ngejual gongso ayam. Aku penasaran dan aku coba sampai akhirnya aku ketagihan. Nah ternyata makanan yang satu ini emang berasal dari Semarang.
Kalian tau gak arti dari gongso itu sendiri? gongso adalah kata dari bahasa jawa yang artinya tumis (teknik memasak yang digunakan untuk membuat makanan ini). Jadi gongso ayam adalah ayam yang dimasak dengan cara ditumis. See?

 Aku sendiri udah beberapa kali nyoba masak gongso ayam di rumah. Aku coba masak gongso ayam yang pedeeeees banget, tapi gongso ayamku dibilang seblak (mungkin karena warnanya yang merah). Padahal rasanya pancen gongso ayam, gak ada rasa seblak sama sekali guyssss. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat gongso ayam juga berbeda dengan bahan seblak (hanya teknik masak dan beberapa bumbu dasar sama). Emangnya apa aja dan gimana sih cara membuat gongso ayam?

Kalian perlu menyiapkan beberapa bahan, antara lain:
1) Ayam secukupnya
2) Cabai merah (rawit/keriting) sesukanya
3) Bawang merah 7 siung,
bawang putih 5 siung
4) Kemiri 5 biji
5) Bumbu dapur (lengkuas dan sereh digeprek
serta daun salam semaunya)
6) Gula, garam,
bumbu penyedap secukupnya
7) Jeruk nipis
8) Air secukupnya
9) Kecap manis
10) Saus tiram
11) Gula merah

Cara buatnya? Gampaaaaaang: cuci ayam dan potong dadu, lalu sebelum digoreng rendam dengan air yang sudah diberi garam dan perasan jeruk nipis. Setelah itu goreng ayam hingga matang.
Sembari nunggu ayam matang, haluskan bawang merah, bawah putih, cabai, dan kemiri (saran: jika menggunakan teknik ulek, sebelum semua bahan diulek goreng bahan sebentar sampai layu untuk memudahkan proses mengulek).

 Jika ayam sudah matang dan diangkat, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu masukkan bumbu dapur (lengkuas, sereh, dan daun salam), tambahkan gula, garam, serta penyedap secukupnya. Kemudian tuangkan kecap saus tiram dan kecap manis sesuai selera. Jangan lupa juga untuk menambahkan sedikit air, lalu sedikit gula merah. Setelah semua bumbu tercampur rata, masukkan ayam yang sudah digoreng sebelumnya, aduk-aduk lalu diamkan sampai bumbu meresap di ayam.
And ayam gongso is ready to serve!!!!


Yang katanya "seblak" rasa gongso ayam

 Jadi guys ayam gongso itu beda ya dengan seblak, kalau seblak itu dimasak dengan kencur dan enggak pakai lengkuas, salam, sereh, kecap manis, gula merah, serta saus tiram.
Nahhhhhh kenapa gongso ayamku disebut menyerupai seblak? Karena warnanya kurang hitam guyss. Kalian bisa sesuka hati menggunakan kecap; mau banyak/sedikit itu sesuai selera. Jadi kecap juga mempengaruhi warna, warna gongso ayam sesungguhnya emang hitam seperti semur, tapi semua bergantung ke yang memasak. Gituuuuu ya? Jadi jangan khawatir kalau gongso ayam kalian dibilang seblak, toh rasa ya tetap gongso ayam (menurut semua yang akhirnya makan masakan aku).

Yaudah, jadi besok mau masak apa lagi?

 

Comments

Popular Posts