Girls Day Out: Petualangan Iseng-isengan


Jalan-jalan Hemat ke Kebun Raya Bogor

Halo gaes gimana hari kalian? bosen sama rutinitas kerja yang sangat melelahkan? mau jalan-jalan tapi uang gajiannya udah abis buat bayar cicilan dan beli kebutuhan? yah, terus gak bisa liburan dong?
eitssss... jangan khawatir bagi kalian yang berdomisili di jakarta dan sekitarnya (jabodetabek), aku punya salah satu tempat liburan yang gak perlu ngeluarin banyak uang nih, kebetulan beberapa waktu lalu aku mutusin buat coba-coba liburan sehari bareng ibu dan adikku, tentu liburan hemat yang gak ngabisin banyak uang. Ke mana tuh? yak, aku pilih liburan ke Kebun Raya Bogor bertigaan! kerennya sih girls day out.

Kebun Raya Bogor, dok: pribadi

   
Kami mutusin buat pergi ke Bogor dengan krl dari stasiun Kebayoran Lama, sebelum berangkat kami nyiapin bekal makanan dan minuman (antisipasi biar enggak jajan ngeluarin banyak uang). Kami berangkat dari rumah ke stasiun pukul 07.30 wib naik angkutan umum dengan tarif Rp 4.000,-/ orang. Setelah sampai di stasiun, kami membeli tiket krl rute bogor dengan tarif Rp 7.000,-/ orang. Kami naik krl dari stasiun kebayoran lama dan transit di stasiun tanah abang, setelah itu kami naik krl tujuan akhir Bogor, perjalanan membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam.

Stasiun Bogor, dokpri

Situasi di dalam angkutan umum rute Kebun Raya Bogor, dokpri

     Lokasi Kebun Raya Bogor sangat mudah diakses dari stasiun Bogor, setelah keluar dari stasiun Bogor kalian hanya perlu satu kali naik angkutan umum. Angkutan yang digunakan adalah angkutan berwarna hijau dengan nomor 02, tarif yang dikenakan adalah Rp 4.000,-/ orang; kalian akan diantar langsung sampai depan gerbang Kebun Raya Bogor.

     Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, kalian harus membeli tiket masuk dengan biaya Rp. 16.000,-/ orang untuk wisatawan lokal, dan lebih kurang Rp. 27.000,- untuk wisatawan asing. Cukup murah bukan?
Setelah membeli tiket, kami bergegas masuk; mata langsung dimanjakan dengan pemandangan berwarna hijau yang menyejukkan dan membuat pikiran merasa lebih tenang (mengingat hiruk pikuk Jakarta telah membuat pikiran menjadi sangat penat). Karena telah merasa lapar, kami mencari tempat untuk menyantap bekal yang kami bawa dari rumah dan dilanjut dengan menelusuri tempat-tempat yang ada di sana (sekaligus mencari tempat untuk swafoto).

    Ada apa aja sih di Kebun Raya Bogor? banyak, banyak bangeeeeet. Ada ribuan spesies tanaman dan tumbuhan (ya iyalah, namanya juga wisata botani), istana presiden, berbagai macam taman (taman mexico, taman teratai raksasa, taman herbal, dll), monumen Lady Raffless, griya anggrek, herbarium, koleksi pandan, garden shop, jembatan gantung, makam belanda dan masih banyak lainnya.
Kalian mau menikmati sejuknya kebun raya dengan bermain sepeda? bisaaaa, karena pihak kebun raya menyediakan penyewaan sepeda yang ditarifkan Rp 15.000,-/jam loh, nah jika kalian tidak membawa kendaraan dan ingin berkeliling dengan keluarga, di sana juga terdapat mobil wara-wiri yang siap mengantar kalian berkeliling kebun raya. Dengan uang Rp 25.000,-/ orang, kalian bisa berkeliling dengan mobil wara-wiri dan tentu saja akan mengurangi rasa lelah saat berjalan kaki!
Namun jika kalian memilih jalan-jalan hemat seperti kami, mengelilingi beberapa tempat di kebun raya dengan berjalan kaki juga oke kokkk, itung-itung olah raga (mengingat di rumah enggak pernah olah raga). Selain itu, keuntungan berjalan kaki adalah kalian lebih mudah dan lebih banyak memiliki kesempatan untuk berswafoto di tempat yang sedang kalian lewati, lumayan kan untuk menambah koleksi di feed instagram kalian. Suasana yang rindang dijamin membuat kalian lupa bahwa kalian lelah karena tengah berjalan kaki.
Sayangnya sewaktu kemarin kami ke kebun raya, tanaman bunga bangkai yang sangat terkenal dengan rafflesia arnoldi belum mulai tumbuh, dan jembatan gantung (jembatan merah) sudah ditutup (tidak dapat dilewati karena umur jembatan yang sudah semakin tua dan demi keselamatan pengunjung).
jembatan gantung tidak dibuka untuk umum, dokpri

     


girls day out (foto di taman teratai), dokpri

       Setelah hari mulai sore dan kami puas berswafoto, mengobrol, bercanda, serta melepas penat; kami memutuskan untuk kembali pulang. Liburan seharian kami sangat hemat, jika dihitung kami hanya menghabisan lebih kurang sebesar Rp 150.000,- untuk tiga orang, dengan rincian sebagai berikut:
ongkos angkutan umum dari rumah ke stasiun kebayoran pulang-pergi (Rp 4000 x 3 orang x 2 (pp)= Rp 24.000), ongkos krl pulang-pergi (Rp 7000 x 3 orang x 2 (pp)= Rp 42.000), ongkos angkutan umum KBR pulang-pergi (Rp 4000 x 3 orang x 2 (pp)= Rp  24.000), tiket masuk 3 orang (Rp 16.000 x 3 orang= Rp  48.000), ditambah dengan aku membeli eskrim seharga Rp 18.000,- . Jadi total yang aku keluarkan sebanyak Rp 156.000,- untuk tiga orang. Wahhhhh mantul  alias mantab betul gaes!
Gimana cocok kan untuk liburan di awal bulan yang uang gajiannya udah abis untuk bayar cicilan atau liburan di akhir bulan yang belum gajian tapi tetap butuh liburan!

Selamat melepas penat guys! Selamat mencoba!

Comments

Popular Posts