Begini 5 Cara Menjalani LDR dengan (Tidak) Berat Hati!

LDR Kenapa Harus Takut?

Menjalankan hubungan jarak jauh atau long distance relationship emang enggak mudah guys, terlebih masih banyak orang yang enggak yakin dengan keberhasilan hubungan yang dijalankan dengan cara ldr.


dok: picsart (sunting)

Padahal kenyataanya sampai saat ini masih banyak orang yang terpaksa harus menjalankan hubungan ldr karena adanya tuntutan pendidikan atau pun pekerjaan. Terus gimana dong kalau emang harus menjalankan ldr?

     Duh khawatir nih ldr bakalan enggak lama, duh takut dia selingkuh, duh takut banget dia nyaman sama orang yang lebih deket sama dia, duh kepikiran terus dia lagi sama siapa ya sekarang? pikiran-pikiran seperti itu sering kali menghantui tiap-tiap jiwa yang sedang menjalankan ldr. Terus aku harus gimana sih biar menjalankan ldr dengan tenang?

    Buat kalian yang sedang berjuang menjalankan hubungan ldr, enggak usah khawatir. Aku punya beberapa tips yang mana tips ini juga bersumber dari pengalamanku sendiri, dan sejauh ini kurasa efektif guys:

1) Tenang lan Kalem

Kalian harus bersikap tenang, pokoknya tenang dan kalem. Jika kalian dapet kabar: dia sakit, dia pergi tapi lupa jalan pulang alias kesasar, dia pergi sama teman-temannya, dan lain sebagainya.
Kalian harus apa? ya harus tenang, karena enggak ada hal lain yang bisa kalian lakuin untuk ngebantu dia; percayalah dia bisa menyelesaikan semuanya sendiri, dia lebih pintar dan dewasa dari yang kalian bayangkan.

     Dia sakit kalian enggak perlu cemas, dia pasti udah paham harus gimana mengatasi rasa sakit. Dia kesasar, jangan takut dia enggak bisa balik; jaman sekarang semua bisa diatasi dengan bantuan google. Dia pergi sama teman-temannya? tenaaaaang, enggak usah mikir dia mau ngapain, ke mana, sama temen yang mana, enggak perlu ngerasa enggak diajak main juga (lah wong kamu jauh, kalau deket juga pasti diajak main).
Beri dia kesempatan untuk bermain dengan teman-temannya, dia itu butuh diskusi dengan teman-temannya setelah rutinitas yang membuatnya pusing seharian. Jangan cemas, takut, khawatir, apalagi secara berlebihan, karena hal seperti itu akan membuat lelah dan bisa jadi malah membuat hubungan kalian semakin rumit.

2) Komunikasi yang Baik dan Luangkan Waktu

"Yang diharapkan dari sebuah hubungan jarak jauh adalah komunikasi yang baik".

Komunikasi yang baik akan membuat hubungan kalian semakin baik dan tentunya membuat hubungan dapat bertahan. Komunikasikan segala keinginan, persoalan dan juga harapan. Dengan komunikasi yang baik kalian pasti dengan mudah menyelesaikan segala persoalan, lakukanlah!

      Kalian berdua sama-sama sibuk? jangan menunggu untuk dihubungi duluan, luangkan waktu di sela-sela waktu padat untuk bertanya keadaan walaupun hanya via chat, dan walaupun hanya dengan satu kata tanya yang singkat dan jelas: "oke?" atau "gimana?" . Dengan kalian melakukan hal tersebut setiap hari, kalian akan menjalankan ldr dengan tenang.

3) Belajarlah Dewasa

Jadikan perjuangan ldr sebagai proses pendewasaan diri; belajar sabar, belajar untuk tidak menuntut, belajar menahan emosi, belajar menerima kenyataan, belajar mandiri, dan belajar-belajar hal positif lainya yang akan membentuk diri menjadi lebih dewasa.

     Ingatlah bahwa kalian sama-sama sedang berjuang-- dengan mengingat hal tersebut kalian akan lebih menghargai proses. Jika kalian belajar dan dapat bersikap lebih dewasa, kalian akan menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dengan bijak; melihat dari sudut pandang di luar dari sudut pandang yang dimiliki. Sikap dewasa sangatlah dibutuhkan, jadi teruslah belajar dan berjuang untuk menjadikan diri lebih dewasa.

4) Jangan Banyak Berekspektasi dan Kurangi Pikiran Negatif

Menjalankan hubungan jarak jauh memang sulit menjauhkan pikiran dari rasa "curiga", namun jika kalian memilih untuk selalu curiga kalian akan menjalankan hubungan dengan berat hati; belum tentu apa yang kalian pikirkan sama dengan apa yang "dia" lakukan. Jika memang dia melakukan hal yang tidak baik, percayalah semua akan berdampak baik-baik saja terhadap diri kalian (kalian tidak akan mengalami banyak kerugian).

   Jangan banyak berekspektasi dengan hubungan kalian; berharap si dia selalu memperhatikan, berharap kalian akan menjadi yang pertama dan utama, stoooooop! karena sesungguhnya yang membuat kalian mudah kecewa adalah ekspektasi yang kalian buat sendiri terhadap si dia dan terhadap hubungan yang sedang kalian jalankan. Terkadang pernyataan "jalanin aja" ada benarnya juga.

     Jangan lupa juga untuk menghindari rasa iri terhadap hubungan orang lain yang terlihat "ih unyu ya!", eits rumput tetangga memang terlihat lebih hijau; tapi kenyataannya belum tentu benar-benar terlihat hijau (belum tentu hubungannya lebih baik dari hubungan yang sedang kalian jalankan). Bisa jadi mereka yang menjalin hubungan dengan lebih wah  juga iri dengan hubungan kalian yang biasa saja.

"jangan percaya dengan hubungan yang terlihat indah di feed instagram".

5) Percaya dan Berdoa kepada Tuhan

"Sejauh apa pun jarak, doa pasti akan sampai".

Selain menjadikan diri menjadi lebih dewasa, menjalankan hubungan jarak jauh akan menjadikan kalian lebih dekat dengan Tuhan; karena mau-tidak mau, terpaksa/ tidak terpaksa kalian harus berdoa, mendoakan si dia, mendoakan hubungan kalian, mendoakan diri sendiri agar lebih kuat menjalankan ldr. Ingatlah dalam menjalankan hubungan jarak jauh kalian wajib melibatkan Tuhan, karena hal tersebut baik untuk meningkatkan keimanan dan juga ketenangan diri.
Percayalah bahwa Tuhan Maha Mengatur segalanya; baik buruk, jauh dekat, jodoh atau tidaknya hubungan kalian sudah menjadi jalan terbaik dari Tuhan.


Nah gimana sekarang?
Kalian sedang dan akan menjalankan ldr? jangan ragu lagiiiiii; cobalah lima tips n trick di atas. Ldr memang tidak mudah, namun jangan mau kalah dengan isu "jarak". Hubungan kalian tak sebercanda itu kan?




Comments

Post a Comment

Popular Posts