Petualangan Mencari Kerja di Jobscareers

Perdana Main ke Jobscareers Senayan

Saya adalah jobseeker yang hanya memanfaatkan sosial media dan email dalam mencari dan melamar pekerjaan. Semacam job fair, job careers, atau walk in interview yang sering diselenggarakan sengaja saya lewatkan; saya tak berminat sama sekali sebab bagi saya ikut acara tersebut hanyalah kesia-siaan (membuang waktu, dan membuang uang). Menurut sumber dari kawan-kawan saya yang sudah sering mengikuti acara tersebut, mereka tak mendapatkan hasil apa-apa alias nihil. Maka dari itu saya tak pernah tertarik dengan kegiatan tersebut. Saya lebih memilih untuk menyimpan uang saya (mencari dan melamar pekerjaan dari rumah).

     Mengirim lamaran melalui email sangat praktis dan efisien, saya pun lupa sudah berapa banyak lamaran yang saya kirim sampai saya merasa jenuh. Saat saya merasa jenuh sewaktu terus-menerus melamar pekerjaan melalui email, akhirnya saya terpaksa memutuskan untuk mencoba hal baru yaitu dengan berkunjung ke jobscareers (kebetulan event jobscareers akan diselenggarakan di Senayan). Walaupun pada awalnya saya tidak tertarik melihat pamflet jobscareers di sosial media, saya juga paham mendatangi jobscareers sangatkah tidak efektif; namun saya penasaran karena sama sekali tak pernah mendatangi event tersebut sebelumnya, dibanding dengan teman-teman saya yang sudah sering datang ke event tersebut.

Antrean masuk jobscareer, dok: pribadi

     Para pengunjung yang datang ke acara jobscareers disediakan dua pilihan untuk masuk; masuk sebagai member atau umum. Harga member adalah Rp. 50.000,- dengan keuntungan member: waktu melamar lebih panjang (pukul 09.00-17.00), tidak perlu antre dan berdesak-desakkan, free snacks and drinks, menjadi member selama 3 bulan di www.jobforcareer.co.id . Anda dapat mendaftar menjadi member dengan registrasi melalui web jobscareers, setelah itu melakukan pembayaran melalui transfer dengan virtual account  yang diberikan. Sedangkan untuk pengunjung umum, tidak dikenakan biaya untuk masuk namun  jadwal yang diberikan lebih pendek, yaitu pukul 13.00-17.00.
Anda pasti sudah bisa menebak saya memilih menjadi member atau pengunjung umum? Ya, tentu saja memilih yang umum, toh saya pikir "sayang-sayang" uang di saat kondisi seperti ini.

     Lalu apa saja sih yang harus dibawa dan dipersiapkan saat mengikuti acara jobscareer, jobfair dan sejenisnya? tenang tak perlu khawatir! saya beritahu semuanya di sini!
Pihak jobscareers memberi informasi bahwa berkas-berkas yang harus dibawa saat acara jobscareers, antara lain: Surat lamaran (untuk nama perusahaan dan posisi dikosongkan dan diisi ots atau on the spot), daftar riwayat hidup atau CV, fotokopi ijazah/skl, fotokopi transkrip nilai, fotokopi KTP, pas foto 3x4. Berkas tersebut disteples dan dibawa sebanyak-banyaknya. Karena pertama kalinya saya mengikuti acara tersebut, saya pun mengikuti info tersebut, saya membawa CV lengkap dengan berkas lainnya yang sudah saya siapkan dari rumah.

     Namun setelah sampai di tempat, acara tidak sesuai dengan yang saya bayangkan; untuk masuk ke acara tersebut saja sangat sulit, tidak ada celah untuk bergerak. Saya tidak bisa dengan leluasa menyimak profil-profil dari berbagai perusahaan. Saya hanya mencoba berjalan dan sesekali melempar berkas untuk dimasukan ke tempat yang telah disediakan tanpa mengetahui apa saja posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan.

Antrean sangat panjang untuk masuk jobscareer Senayan, dok: pribadi

     Ada hal  yang perlu diketahui; pada jobscareers hampir semua perusahaan yang ada hanya meminta CV saja, sedangkan dokumen lainnya dikembalikan, padahal saat itu saya sudah mencetak banyak sekali CV dan dokumen pelengkap lainnya (dengan biaya yang lumayan tidak sedikit bagi jobseeker seperti saya).
Jadi untuk mengikuti jobscareer, jobsfair dan acara sejenis lainnya siapkan saja CV sebanyak-banyaknya, tidak perlu dengan dokumen lainnya dan tidak perlu diberi map. Selain itu untuk menghemat biaya anda juga dapat membawa CV yang difotokopi saja (jika CV diprint dalam jumlah banyak akan lebih banyak pula biaya yang dikeluarkan he he he).

     Setelah mengikuti acara jobscareers-- yang saya pikir hanya kesia-siaan, saya mendapat tiga panggilan dari tiga perusahaan yang saya lamar melalui jobscareers, antara lain: MT- Transmedia, MT- Alfamart, dan content creator- Astana Living, namun dua di antaranya (posisi MT) tidak saya ikuti karena saat itu saya sedang dalam keadaan tidak oke untuk mengikuti tes tersebut, dan mengingat lokasi test yang sangat jauh di daerah Bogor. Sedangkan untuk posisi salah satu yang saya datangi tidak lagi memberi kabar.
Saya mendapatkan hasil nihil, apakah sis-sia?
     
     

Comments

Popular Posts