Perjalanan Tujuan Kebayoran Lama - Bekasi dengan KRL Commuter Line

Perjalanan Ke Bekasi dengan KRL Commuter Line

KRL Commuter Line adalah salah satu transportasi di Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat pada saat ini, sebab dengan menggunakan krl commuter line perjalanan lebih terasa mudah dan cepat. Bagi para pekerja, menggunakan krl commuter line dapat menghemat waktu karena krl tidak mungkin terjebak macet.
Saya sendiri adalah salah satu pengguna transportasi krl commuter line, mengingat saya harus bolak-balik Jakarta-Bekasi: transportasi Krl Commuter Line adalah pilihan yang tepat. Selain efektif dan efisien, ongkos untuk menaiki krl ini juga terbilang murah jika dibanding menaiki angkutan umum antar kota lainnya.

Jika ingin melakukan perjalanan ke Bekasi dengan krl commuter line dari Jakarta, anda dapat menaiki krl jurusan Jakarta Kota - Bekasi. Namun jika saat itu anda sedang berada di Jakarta Selatan, seperti di daerah Pondok-Pinang, Tanah Kusir, Cipulir dan sekitarnya anda dapat ke stasiun terdekat yaitu stasiun Kebayoran Lama. Setelah itu anda dapat membeli tiket di loket yang berada di dekat pintu masuk atau dengan vending machine yang tersedia di lantai atas stasiun Kebayoran Lama. Sebaiknya jika akan membeli tiket dengan uang Rp.  50.000,- atau nominal uang yang lebih besar, anda membeli tiket langsung ke loket saja agar lebih mudah, sebab saya pernah mencoba membeli tiket dengan uang Rp.  50.000,- melalui vending machine namun transaksi gagal dan vending machine meminta nominal uang yang lebih kecil, seperti Rp. 20.000,- atau Rp.  15.000,- .

Anda ingin mencoba menggunakan vending machine? caranya anda harus memilih rute yang akan dituju kemudian masukkan uang yang nominalnya maksimal Rp. 20.000,- .Vending machine menerima uang dengan nominal Rp. 1.000,- , Rp. 2.000,- , Rp. 5. 000,- , Rp.  10.000,- dan pecahan uang logam Rp. 500,- serta Rp. 1.000,-. Setelah transaksi berhasil dilakukan, anda akan mendapatkan tiket dan juga kembalian (jika nominal uang yang dimasukkan lebih besar dari harga tiket dan jaminan kartu), kemudian anda juga akan menerima struk pembayaran tiket tersebut. Untuk rute perjalanan ke Bekasi dan sekitarnya, akan dikenakan biaya Rp. 3.000,- dengan uang jaminan kartu sebesar Rp. 10.000,- yang dapat dicairkan kembali setelah selesai perjalanan.


Tiket Harian Berjamin (THB) KRL Commuter Line, dok: pribadi

Struk Pembayaran THB KRL Commuter Line, dok: pribadi

Setelah mendapatkan tiket anda dapat masuk ke peron dengan men-tap tiket. Untuk menuju Bekasi dari Stasiun Kebayoran Lama, harus transit terlebih dahulu di dua stasiun yaitu di Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Manggarai untuk berganti krl. Dari Stasiun Kebayoran, anda harus menaiki krl tujuan Maja/ Rangkasbitung/ Serpong - Tanah Abang yang tersedia di peron dua. Setelah sampai di Tanah Abang, anda diharuskan berpindah ke peron lima lalu menaiki krl jurusan Jakarta Kota - Manggarai - Jatinegara - Bekasi atau anda dapat menaiki krl dengan tujuan Jakarta Kota - Cikarang.

     Krl dengan jurusan Jakarta Kota - Bekasi memiliki rute pemberhentian terakhir di stasiun Bekasi. Jika memiliki tujuan ke Stasiun Tambun atau stasiun berikutnya, tak perlu khawatir anda dapat transit di Stasiun Bekasi dan menaiki krl dengan pemberhentian terakhir Stasiun Cikarang.
Anda tak ingin transit lagi di Stasiun Bekasi karena dianggap terlalu banyak transit? Pilihlah krl dengan jurusan Jakarta Kota - Cikarang dari Stasiun Manggarai, namun anda harus bersabar menunggu karena krl dengan jurusan Cikarang memiliki jadwal kedatangan yang lebih lama, mengingat jumlah krl commuter line dengan tujuan akhir Cikarang tersedia lebih sedikit dibanding jumlah krl commuter line lainnya.


Rute Perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek, dok: google

     Sesampainya di stasiun tujuan, anda harus keluar melalui pintu keluar dengan men-tap kartu kembali. Jangan lupa untuk mengambil uang jaminan kartu di loket atau di vending machine yang tersedia di luar peron. Jika ingin menukar kartu melalui vending machine, anda hanya harus memasukkan kartu atau tiket ke dalam mesin dan memilih tulisan “ambil jaminan THB”, kemudian uang jaminan anda akan keluar dari vending machine.

     Bagi anda yang telah memiliki kartu pribadi yang dapat digunakan untuk menaiki krl seperti kartu e-money, tak perlu repot-repot menggunakan THB. Anda hanya perlu mengisi ulang atau top up kartu yang dimiliki dengan membayar sejumlah nominal yang diinginkan di bagian loket.
Bagaimana? Mudah bukan bepergian dengan menggunakan krl commuter line?

Comments

Popular Posts