Pengamanan Data Komunikasi dengan Metode Enkripsi

 Tugas Kuliah: Cara Penggunaan Pengamanan Data Komunikasi dengan Metode Enkripsi

Kemajuan teknologi dari waktu ke waktu semakin tak diragukan lagi. Tak hanya di Indonesia saja, seluruh belahan dunia pun merasakan adanya perubahan teknologi yang semakin canggih. Namun di balik kemajuan teknologi yang banyak membawa dampak baik di masarakat, kemajuan teknologi juga membawa dampak negatif, salah satunya adalah muncul suatu tindak kejahatan.

     Dewasa ini tindak kejahatan dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan tindak kejahatan pun dapat berupa apa saja. Kaitan adanya tindak kejahatan dengan kemajuan teknologi adalah munculnya suatu tindak kejahatan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Adanya kemajuan teknologi di dunia yang semakin canggih ini, memudahkan para pelaku kejahatan untuk melakukan tindak kejahatan. Kejahatan yang biasa dilakukan oleh pelaku kejahatan dalam teknologi informasi dan komunikasi yaitu dalam hal kerahasiaan data. Maka dari itu untuk mengatasi suatu tindak kejahatan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dibutuhkan pengamanan data oleh pemilik data.

  Salah satu metode pengamanan data yang menjamin kerahasiaan data dalam komunikasi menggunakan komputer yaitu dengan metode enkripsi. Enkripsi adalah proses menyandikan plainteks menjadi cipherteks, di mana plainteks adalah data atau informasi yang dapat dibaca dan dimengerti maknanya. Sedangkan cipherteks adalah pesan yang telah disandikan sehingga tidak bermakna lagi. Enkripsi juga merupakan bagian dari kriptografi (teknik yg mengubah data menjadi berbeda dari aslinya dengan menggunakan algoritma matematika, sehingga orang yang tidak mengetahui kuncinya tidak akan dapat membongkar data tersebut; KBBI Daring).

    Beberapa web telah menyajikan aplikasi enskripsi online, berikut gambaran empat metode enkripsi online

1. Caesar Chipher  

    Langkah menggunakan aplikasi Caesar chipper: 
  • Masukkan plainteks dalam kolom seperti contoh di bawah ini:  

gambar 1

  • lalu pilih encrypt, kemudian klik encode/decode  maka hasilnya akan seperti di bawah ini: 

gambar 2

  
    2. Caesar Shift Cipher

   Pada metode ini, penyandian data dengan pergeseran tiga huruf ke kanan:
  • Masukkan plainteks:
gambar 3

  • Pilih encrypt, kemudian klik encode/decode. Maka hasilnya seperti di bawah ini:  
gambar 4


3. ROT 13


    Metode ini menyandikan data dengan pergeseran tiga belas huruf ke kiri. Misal huruf /P/ 
menjadi /C/.

  • Masukkan plainteks:
gambar 5

  • Chipherteks, yaitu:
gambar 6











     4. ROT 47 
  •       Masukkan plainteks:
gambar 7
  • Cipherteks adalah:

gambar 8

     Metode enkripsi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi pemilik data yang ingin menggunakan teknologi komunikasi agar kerahasiaan pesan atau data yang dimiliki tetap aman dan terjaga. Jadi, mulai saat ini pengguna teknologi tak perlu lagi merasa cemas dengan keamanan kerahasiaan data dalam penggunaan teknologi infomasi dan komunikasi.




Comments

Popular Posts