Gunung Andong: Wisata Mendaki Favorit bagi Pendaki Pemula


Gunung Andong: Wisata Mendaki bagi Pendaki Pemula

Gunung Andong adalah salah satu tempat wisata pendakian yang terletak di daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah-- tepatnya berada di desa Girirejo Kecamatan Ngablak. Gunung ini merupakan gunung yang berada berdekatan dengan Gunung Telomoyo (1894 mdpl) dan Gunung Merbabu (3145 mdpl), di antara ketiga gunung tersebut Gunung Andong merupakan gunung terendah dengan ketinggian 1726 mdpl. Selain memiliki puncak yang rendah,  Gunung Andong juga memiliki jalur tracking yang mudah dilalui, sehingga gunung ini tepat jika dijadikan tempat pendakian bagi pendaki pemula.


Gunung Andong: Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dok: Julian Fikri

Untuk menuju puncak Gunung Andong dibutuhkan waktu sekitar dua jam dari tempat pendakian awal, yaitu dari basecamp Giri Sawit (basecamp paling populer di antara basecamp lain). Basecamp Giri Sawit menyediakan tempat untuk beristirahat,  sehingga bagi anda para pendaki yang telah maupun baru akan mendaki dapat beristirahat di basecamp tersebut.  Selain tempat untuk beristirahat tersedia juga toilet,  masjid, dan yang terpenting adalah warung kopi yang menyediakan berbagai jajanan serta mie instan dan gorengan. Jadi anda tak perlu khawatir karena takut kelaparan!

Sebelum mendaki anda diwajibkan untuk registrasi di basecamp, kemudian jangan lupa jika anda telah turun dari pendakian anda juga harus melapor ke loket saat awal anda registrasi agar penjaga mengetahui bahwa para pendaki sudah kembali dari pendakian dengan selamat.
Saat registrasi anda harus membayar tiket masuk pendakian sebesar Rp. 5.000,-/ orang. Harga yang sangat murah,  bukan?

Saat mulai masuk di pintu gerbang pendakian, anda akan berjalan melewati makadam. Setelah itu anda akan menjumpai pemandangan alam berupa hutan pinus dengan jalan setapak yang dipenuhi tanah dan bebatuan. Anda juga akan menemui sumber mata air saat pendakian. Ada dua pos yang harus dilewati agar bisa sampai ke puncak Andong, pos tersebut dapat digunakan untuk beristirahat sejenak para pendaki.

Pemandangan Hutan Pinus saat Pendakian, dok: Julian Fikri

Gunung Andong memiliki empat puncak, antara lain: Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-alap. Jika anda telah sampai di puncak Andong, anda dapat menyaksikan kemegahan puncak Merbabu, serta puncak lainnya yang berada agak jauh dari puncak Andong, seperti puncak Gunung Ungaran, Gunung Sindoro-Sumbing, dan Gunung Telomoyo. Selain itu jika tidak mendung, anda bisa menikmati sunrise maupun sunset yang indah dari puncak Andong.

Pemandangan Sunrise dari Puncak Andong, dok: Julian Fikri

Pemandangan Puncak Makam dari Puncak Andong, dok: pribadi

Pemandangan Puncak Gunung yang Berdekatan dengan Gunung Andong, dok: pribadi

Camping Ground, dok: Julian Fikri

Jika anda tertarik untuk mendaki Gunung Andong sebaiknya anda mendaki di hari kerja atau weekdays, sebab jika anda melakukannya di hari libur atau weekend dapat dipastikan Gunung Andong ramai dikunjungi oleh para pendaki,  mengingat Gunung Andong adalah gunung yang saat ini sedang populer di kalangan pendaki pemula. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri saat ingin mendaki dan melengkapi peralatan mendaki anda, lalu jangan lupa pula untuk membawa turun sampah anda setelah selesai pendakian.
Jadi,  tunggu apa lagi guys? Selamat Mendaki!



Comments

Popular Posts